if something is wrong, fix it if you can. But train yourself not to worry. Worry never fixes anything

Everyone has beauty, but not Everyone can see

Translate

Tuesday, April 29, 2014

Istilah-istilah dalam Dunia Internet

Pada saat mengakses Internet, kita menemui istilah-istilah yang biasa di gunakan dalam dunia Internet. Beberapa istilah tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
Browsing : Browsing atau lebih dikenal sebagai surfing dalah kegiatan menjelajah situs-situs internet yang bertujuan untuk mendapatkan informasi.
Searching : Searching adalah kegiatan mencari atau memperoleh informasi dengan bantuan mesin pencari ( search engine)
Download : Download adalah proses mengambil file (program, video, audio, gambar dan lain-lain) dari Internet untuk disimpan di computer. Dalam bahasa Indonesia kita kenal dengan istilah “mengunduh”.
Upload : Upload adalah kebalikan dari download, yaitu proses mengirim file (program, video, audio, gambar dan lain-lain) dari computer kita ke internet. Dalam bahasa Indonesia disebut juga “mengunggah”.
Browser : Program aplikasi untuk mengakses WWW
WWW : Kependekan dari World Wide Web, yaitu program browser yang dapat digunakan untuk menjelajah antar computer di Internet. Program ini di rancang oleh Timothy Berners Lee pada tahun 1990.
Web Page : adalah halaman web yang yang berisi informasi atau data yang terdapat di WWW.
Website : Website adalah sekumpulan webpage milik perorangan atau perusahaan yang di kumpulkan dan diletakkan menjadi satu dalam sebuah situs web.
Homepage : Homepage adalah halaman pertama yang muncul pada saat kita mengakses sebuah website.
Http (Hyper Text Transfer Protocol) :  adalah Protokol berbasis Hyper text yang meerupakan format teks yang umum digunakan di Internet. HTTP berarti dokumen berada di WWW.
HTML (Hyper Text Markup Language) : HTML merupakan format dokumen yang di gunakan dalam WWW.  Dalam membuat halaman web, HTML menggunakan bahasa yang memakai kode-kode tertentu yang harus dapat diartikan oleh browser sehingga halaman tersebut dapat ditampilkan dengan benar.
Internet Address : Internet Address adalah alamat Internet yang merupakan sebuah alamat 32-bit yang digunakan untuk mengenali host dan jaringan di Internet.
Domain : Domain merupakan definisi dari alamat Internet yang merujuk ke sebuah Negara, lembaga komersil, maupun pemerintah dimana website itu digunakan. Nama domain dipisahkan dengan tanda titik yang dibaca “dot”.
Contoh domain  :
·        us                              :   United States
·        jp                               :   Japan
·        au                              :   Australia
·        ca                              :   Canada
·        id                               :   Indonesia
·        my                             :   Malaysia
·        sg                               :   Singapura
·        pl                               :   Poland
·        com                           :   Commercial (Komersil)
·        edu                           :   Education (Edukasi)
·        mil                            :   Militer
·        net                            :   ISP (Internet Service Provider)
·        org                            :   Organisasi atau yayasan

Connect : Istilah yang di gunakan untuk menyatakan bahwa computer sudah tersambung dengan Internet.
Disconnect : Kebalikan dari connect, berarti pemutusan hubungan atau computer dalam keadaan tidak terhung dengan Internet.
Cyberspace : Kumpulan computer atau jaringan besar yang terhubung ke Internet sehingga datanya dapat diakses. Cyber space adalah istilah lain dari Internet.
Server : Komputer di Internet yang berfungsi sebagai pusat penyimpanan file dari suatu website dan digunakan untuk melayani banyak pengguna Internet yang terhubung dengan website tersebut.
Attachment : Fasilitas pada program E-Mail untuk mengirim file atau gambar yang di ikut sertakan pada pesan yang di kirim.

Chatting : Chatting dapat di artikan mengobrol atau bercakap-cakap, yaitu salah satu cara untuk berkomunikasi antar pengguna Internet melalui sebuah tempat pertemuan virtual (maya).

No comments:

Post a Comment

"http://divine-music.info/musicfiles/Owl City - Fireflies(1)(1).swf"