if something is wrong, fix it if you can. But train yourself not to worry. Worry never fixes anything

Everyone has beauty, but not Everyone can see

Translate

Sunday, April 20, 2014

Sekilas Tentang Sakit Kuning / Hepatitis / Liver


Kemarin, 19 April 2014, salah seorang teman terbaik telah pergi, setelah satu bulan dirawat karena penyakit yang dideritanya. 


Sakit Kuning .... 
Cukup mengejutkan, sebulan yang lalu sahabat saya itu masih ceria dan sehat , tapi rupanya waktu nya telah tiba. Dia pergi meninggalkan seorang anak perempuan yang masih kecil dan seorang istri. Semoga arwah nya tenang di sana. Amien.
Oleh kejadian itu saya termotifasi untuk berbagi  ...
Istilah Sakit Kuning mungkin sudah sangat akrab di telinga kita , tapi mungkin masih banyak yang masih kurang tahu sebenarnya apa itu Sakit Kuning. Yang di ketahui hanya gejala / simptom = menguning nya warna kulit, kuku dan bola mata.
Penyakit kuning adalah gejala penyakit yang sering muncul akibat Hepatitis atau juga sering di sebut Liver.

Sebenarnya penyakit kuning kini jarang menyerang orang dewasa, karena lebih sering terjangkit pada bayi yang baru lahir atau balita. Namun penyakit tersebut akan segera menghilang dengan sendirinya karena pemberian ASI.  Air Susu Ibu terbukti memberi kekebalan alami (imunitas) pada bayi terhadap berbagai jenis penyakit.

Kembali ke atas.. berubah nya warna kulit menjadi kuning terjadi karena kebocoran empedu yang mengakibatkan cairan empedu masuk ke dalam usus dan bercampur dengan darah sehingga kulit penderita pun berubah menjadi berwarna kuning.

Secara klinis, penyakit kuning berawal dari meningkatnya kadar Bilirubin dalam tubuh. (Bilirubin adalah zat warna yang di produksi oleh organ hati  ketika sel darah merah yang rusak). Normalnya kadar Bilirubin hanya berkisar antara 0-1 mg/dL, jika terjadi peningkatan Bilirubin sampai 2-3 mg/dL. maka terjadilah kebocoran.

Jadi PENYAKIT KUNING sama dengan HEPATITIS, sebagai cikal bakal penyakit yang menyebabkan gangguan fungsi organ hati. Jika  fungsi organ hati terganggu, maka organ hati akan mengalami kerusakan, peradangan dan pembengkakan (Sirorsis). 

Jika tak segera di tangani  serta di obati secara cepat dan tepat. Penyakit kuning dapat mengakibatkan hal buruk, seperti Kanker Hati. 

Penyakit Kuning hanya menyerang organ hati, selain karena adanya penyalah gunaan alkohol, dapat juga terjadi karena adanya gangguan pencernaan akibat konsumsi makanan yang salah, misalnya makanan yang mengandung Kalori tinggi, lemak jenuh, bahan pewarna buatan, bahan pengawet dan jenis bahan kimia lainnya. 
Untuk mengetahui fungsi organ hati lihat di sini



















No comments:

Post a Comment

"http://divine-music.info/musicfiles/Owl City - Fireflies(1)(1).swf"