if something is wrong, fix it if you can. But train yourself not to worry. Worry never fixes anything

Everyone has beauty, but not Everyone can see

Translate

Monday, April 7, 2014

Apa arti Hacker ? ( Cracker )

Saya juga penasaran dengan kata Hacker.



Hack : ketika saya cari kata itu lewat Google translate, situs penterjemah Google mendeteksi kata Hack sebagai kata dari Bahasa Inggris. yang ternyata memiliki banyak arti sesuai konteks kalimatnya. Di antara arti tersebut antara lain : Terjangan, penulis upahan, cincang, torehan, cangkul, pacul (nomina)

nah loo... jadi kata hacker itu artinya apa ?
coba saya ketik di Google Translate lagi.
Wahh... tidak ada arti khusus. Sementara yang orang awam / umum tahu, Hacker adalah orang yang 'mengambil alih' sebuah program secara ilegal (misal : sebuah akun FaceBook, Aplikasi, situs dsb). uuummm.....
Ok .. ternyata Wikipedia bisa menjelaskan agak lebih rinci, di sana dijelaskan Terminologi Peretas/ Hacker ini muncul pertama kali pada tahun 1960-an yang berarti positif, yaitu untuk menyebut salah seorang anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club (Labolatorium Kecerdasan Artifisial Massachuset Institut of Technology /MIT) yang mampu membuat program komputer yang lebih baik daripada yang telah mereka rancang bersama.

Kemudian pada tahun 1983, istilah Hacker mulai berkonotasi negatif setelah FBI menangkap sekelompok orang dengan tuduhan sebagai pembobol komputer.
Hacker, dalam konteks keamanan komputer adalah seseorang yang mencari dan meng-eksploitasi kelemahan dalam sistem komputer atau jaringan komputer. Dan dalam bahasa Indonesia kita sebut 'Peretas'

Wait .... saya juga pernah mendengar istilah Cracker. Apa tuh ?
Beberapa Hacker mengaku mereka adalah Programer komputer / ahli dalam keamanan komputer yang tunduk pada peraturan, bukan perusak. Sementara seorang ahli komputer yang menerobos keamanan komputer dan merusak lebih tepat di sebut Cracker.
Cracker mereka definisikan sebagai ahli keamanan komputer yang mereka sebut penjahat komputer (black hats/topi hitam). Sementara Hacker (ahli keamanan Komputer) adalah White Hats.
Nah ....

(ada jawaban versi lain lagi nih)
Bahasa sederhananya Hacker biasanya menerobos pertahanan sebuah program melalui celah yang masih bisa di masuki dan atau mencuri kata sandi untuk dapat masuk dengan cara ilegal. Begitu si Hacker berhasil masuk. Dia akan dapat mengacaukan/ menguasai situs tersebut. Tapi ini bersifat sementara. Apabila si empunya situs menyadari seseorang telah masuk secara ilegal, maka dia akan meningkatkan keamanan situsnya. Dan Si Hacker akan terpental dari situs tersebut.
(biasanya sebuah program, aplikasi dan media sosial (FaceBook, Twitter, Instagram dll) sekalipun, ,memiliki sistem keamanan yang canggih.
Jadi di sini dapat di artikan Hacker adalah orang (programer) yang melakukan terobosan/terjangan 'ilegal' terhadap pertahanan sebuah sistem keamanan.

uuumm ..bagaimana dengan  Cracker tadi ?
Google translate menterjemahkan kata dalam bahasa Inggris ini yang berarti : Retak
jadi istilah Cracker digunakan untuk orang yang masuk/menerobos sebuah sistem keamanan komputer dengan maksud merusak / melumpuhkan. Ini berbahaya !!

Kegiatan Hacker/Cracker itu sendiri biasanya didasari oleh beberapa hal, misalnya untuk mendapat keuntungan, sebagai protes atau tantangan.

gawat. Jadi bagaimana agar akun FaceBook kita (misalnya) tidak di Hack atau di Crack atau digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab ?
itulah pentingnya kata sandi (password), pertanyaan rahasia pemulihan kata sandi dsb.
Tapi jika kata sandi pun masih bisa di lacak ? gimana ...
Contoh saat membuat akun e-mail baru. Pernahkah anda mendapat permintaan untuk membuat kata sandi yang unik dan mudah di ingat ? kombinasi antara huruf dan angka ? yang harus memenuhi beberapa digit (sesuai permintaan). Nah itu adalah salah satu usaha menangkal Hacker / Cracker tadi.
Dan ingat untuk tidak menuliskan Password di sembarang tempat. (lebih baik di ingat saja)
Ganti lah Password anda minimal sebulan sekali.
Aktivkan 'pemberitahuan masuk'. yang terkoneksi dengan handphone atau akun e-mail anda yang lain.

Saya fikir cukup, nah sekarangkan sedang ramai orang membicarakan tentang Perang antara Hacker Indonesia dengan Hacker Australia (gara-gara skandal penyadapan terhadap Presiden dan Ibu Presiden), seperti yang bisa anda liat di youtube dan terjemahkan sendiri deh arti nya.

Mungkin tulisan saya ini bisa memberikan gambaran sederhana tentang Apa sih Hacker itu ?
(ato malah tambah bingung?)
Maaf atas kekurangan nya. Silahkan jika ada yang mau menambahkan.
Monggo baca di sini , (wikipedia) untuk lebih detail.





3 comments:

  1. Kepada Yth.
    Bapak Andy Wayan

    Dengan Hormat,

    Perkenalkan, nama saya Zenia dari Selasar. Berikut adalah profile saya di Selasar: https://www.selasar.com/profile/38124/Zenia-Zn

    Mohon izinkan saya memperkenalkan Selasar. Selasar adalah sebuah platform berbagi pengetahuan, pengalaman dan wawasan. Di Selasar, pengguna dapat memberikan pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan menulis jurnal. Untuk informasi yang lebih lengkap, Anda dapat melihatnya di link ini: https://www.selasar.com/site/about

    Saya telah membaca tulisan Anda di blog http://andywayan.blogspot.co.id/2014/04/hacker-cracker.html dan menganggap tulisan Anda sangat inspiratif.

    Terkait hal tersebut, bolehkah kiranya tulisan Anda di http://andywayan.blogspot.co.id/2014/04/hacker-cracker.html dapat kami bantu muat, promosikan, dan publikasikan ulang konten yang ada di dalamnya pada forum Q&A (Questions & Answers) via selasar.com, mengingat cara penyampaian dan substansi yang sangat baik dalam tulisan tersebut.

    Kami akan bantu sebarkan tulisan tersebut via jejaring digital yang kami miliki. Harapannya, ketika tulisan tersebut mendapatkan exposure yang lebih luas, semakin banyak orang yang akan terinspirasi dan mengetahui ide serta gagasan Anda.

    Terima kasih. Mohon konfirmasi dan kabar baik dari Anda.

    Salam,
    Zenia

    ReplyDelete
  2. Belum maksud😬😬😬

    ReplyDelete

"http://divine-music.info/musicfiles/Owl City - Fireflies(1)(1).swf"