if something is wrong, fix it if you can. But train yourself not to worry. Worry never fixes anything

Everyone has beauty, but not Everyone can see

Translate

Sunday, April 27, 2014

Asal Usul 5 Simbol Penting dalam Dunia Teknologi / Internet


Apakah anda pernah berfikir mengapa simbol on/off menggunakan simbol lingkaran dan sebuah garis vertikal di tengahnya ? atau mengapa simbol Bluetooth selalu seperti sebuah kacamata Vertikal ? Pastinya tidak mungkin lambang/ simbol itu ada dengan sendirinya tanpa alasan yang kuat.

So.. Bagaimana sih Asal Usul Simbol itu dalam Dunia Teknologi ?
Simak artikel berikut.
1. Tombol On /Off

 Simbol ini asal mulanya digunakan pada perang dunia kedua, sebagai sandi untuk saklar. Garis vertikal melambangkan angka '1' yang artinya hidup atau 'ON'.
Dan garis yang membentuk Lingkaran melambangkan angka '0' atau 'Off' (mati).
Sementara lingkaran yang tidak sempurna menandakan kondisi yang standby




2.  Tombol Play



Belum ada kisah yang pasti dan jelas mengapa segitiga di pakai untuk melambangkan tombol Play. Yang pasti, segitiga dianggap sebagai penunjuk arah yang paling mudah di fahami dan dibaca. Posisinya yang mengarah ke kanan mengingatkan kita pada arah jalan pita rekaman pada kaset.

3. Simbol Bluetooth




Tombol yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi buat yang hobi transfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lain. 
Begini kisahnya, Gara-gara suka buah blueberry, raja Denmark ke 10, Harald Blatand mewarnai salah satu giginya dengan warna biru. Dan gara-gara Bluetooth receptor pertama bentuknya mirip dengan gigi sang raja, dipakai lah sandi yang biasa melambangkan raja Harald sebagai simbolnya.


4. Simbol USB 

Image 1


Image 2

Kesaktian tongkat Dewa Neptunus (Dewa Air / Laut pada mitologi Romawi , saudara kandung Jupiter dan Pluto) menginspirasi simbol USB (Universal Serial Bus) yang dapat menghubungkan koneksi apapun.
Tiga ujung tongkatnya yang terbentuk dari tiga bidang { kotak, segitiga dan lingkaran } jadi penegas kalau USB adalah konektor yang serba bisa.

5.  At

 

Dulu, saat belum ada mesin cetak, pendeta harus menulis tangan setiap naskah yang diterbitkan. nah dari pada repot menulis kata "at". Mereka  pun membuat simbol "t" yang melilit "a".
Maka jadilah simbol ini.

Hmmmm .. sekian.

1 comment:

"http://divine-music.info/musicfiles/Owl City - Fireflies(1)(1).swf"