if something is wrong, fix it if you can. But train yourself not to worry. Worry never fixes anything

Everyone has beauty, but not Everyone can see

Translate

Monday, April 28, 2014

Tips (ku) - Perawatan, keamanan dan Perbaikan kinerja “Standar” Laptop / CPU

Kali ini saya mencoba share tips standar (saya) dalam merawat CPU atau laptop, menginstal/ memasang software cleaner dan anti virus.. atau lebih tepatnya berbagi tentang software apa saja sih yang ada di computer saya (yang terbukti sampai sekarang berguna bagi keamanan computer saya).

  1. Antivirus (terutama bagi user yang hobi transfer data, internet atau on-line harus punya yang ini)
  2. Cleaner
  3. Defragmenter

Just it J

Nah .. saya coba jelaskan satu persatu.

1.      Antivirus
Gunakan / pilih antivirus yang bersahabat dengan perangkat computer anda dan tentunya yang anda fahami kinerja nya. Usahakan software antivirus tersebut menggunakan bahasa yang anda fahami.
Tak semua software antivirus cocok dengan perangkat computer anda. Pengalaman saya. Beberapa antivirus terlalu ‘kejam’ dan ‘ketat’, sehingga nyaris setiap apa yang kita unduh dari internet, walau jelas bukan virus, tetap saja "langsung" di  block. Sehingga saya harus mematikan firewall nya dulu dsb. uhhhh cukup merepotkan.

Ada banyak pilihan antivirus gratis dengan kinerja yang okey { mulai dari yang free, trial atau yang berbayar}.  Tapi sekali lagi, pilih antivirus yang anda fikir bagus dan terbukti cukup bersahabat dan mudah di gunakan.
Sebagai referensi, sampai sekarang saya masih menggunakan Avira (free).
Anda bisa juga mencoba intip software antivirus terbaik lainnya  disini.

2.      Cleaner 
Cleaner  pada perangkat computer berfungsi antara lain membersihkan file-file sampah yang dapat memperlambat  kinerja computer, memperbaiki registry yang error/cacat. Menghapus file yang corrupt, download gagal, menghapus sejarah browsing dll.
Sebenarnya Program Windows telah menyertakan juga program ini (dapat anda cari di 
Start - All ProgramAccessoriesSystem ToolsDisc Clean Up.
Tapi jika anda merasa kurang puas, anda dapat mendownload software yang anda suka dengan gratis. Saya mengunakan CCcleaner yang saya rasa selama ini kinerjanya cukup memuaskan.
Intip Juga neh Software Cleaner yang ada J

3.      Defragmenter
Singkatnya begini, Disc defragmenter adalah program yang berinduk pada system operasi computer (OS) yang berguna untuk menata kembali file-file yang telah di acak-acak secara sengaja ataupun tidak sengaja. (merapikan penempatan data)
Jika kamu membuka File apapun, maka secara otomatis windows akan bekerja atau mengambil ruang secara otomatis dalam penempatan space atau jeda partisi dalam hardisk. Nah selain menata file, defragmenter juga berfungsi menjaga kestabilan dan kondisi hardisk karena defragmenter mampu mengakomodir dan men-fix kan boot sector dalam hardisk ataupun error program, jadi windows yang kita pakai sekarang ini sangat baik terhadap penggunanya dengan tools yang berguna dalam menjaga hardware.
Start - All Program – Accessories – System Tools - Disc Defragmenter
Logika nya begini,  Windows tidak dapat menata kembali secara otomatis (tanpa bantuan defragmenter), File yang telah di delete, di copy maupun di buka.
Maka dengan itu, Windows menyediakan recent document (open file history) dan sistem restore point untuk menanggulangi jika dalam proses defragmenting tidak dapat ditata kembali. 

Selama ini saya  cukup nyaman pake    

ato kalo mau  tau info defragmenter yang laen ?  coba klik  di sini 



No comments:

Post a Comment

"http://divine-music.info/musicfiles/Owl City - Fireflies(1)(1).swf"