if something is wrong, fix it if you can. But train yourself not to worry. Worry never fixes anything

Everyone has beauty, but not Everyone can see

Translate

Sunday, September 14, 2014

Tentang Bali

Bali adalah nama salah satu Provinsi di Indonesia dan juga merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan






Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota Provinsinya adalah Denpasar yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan alam dan berbagai hasil seni budayanya, Terutama bagi wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga terkenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.
Tempat-tempat penting lainnya adalah Ubud sebagai pusat kesenian dan peristirahatan, terletak di Kabupaten Gianyar.
Nusa Lembongan adalah salah satu tempat menyelam (diving), terletak di Kabupaten Klungkung.
Sedangkan Kuta, Seminyak, Jimbaran dan Nusa Dua adalah beberapa tempat yang menjadi tujuan utama pariwisata, baik wisata pantai, peristirahatan, spa dan lain-lain. Terletak di Kabupaten Badung.
Titik tertinggi di Bali adalah 3.148 m (Gunung Agung). Gunung berapi ini terakhir meletus pada maret 1963.
Berbeda dengan di bagian utara, bagian selatan Bali adalah dataran rendah yang di aliri sungai-sungai.


Luas wilayah Provinsi Bali adalah 5.636,66 km2 atau 0,29% luas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Secara administratif Provinsi Bali terbagi atas 8 kabupaten, 1 kotamadya, 55 kecamatan dan 701 desa/kelurahan.
Demografi
Penduduk Bali kira-kira sejumlah 4 juta jiwa lebih, dengan mayoritas 84,5% menganut agama Hindu. Agama lainnya adalah Budha ( 0,5%), Islam (13,3%), Protestan dan Khatolik (1,7%).
Agama Islam adalah agama minoritas di Bali dengan penganut kini mencapai 13,3%, berdasarkan sensus terbaru januari 2014.
Selain dari sektor pariwisata, penduduk Bali juga hidup dari pertanian dan perikanan. Yang paling di kenal dunia dari pertanian di bali adalah sistem Subak. Sebagian juga memilih menjadi seniman.

SUBAK

Bahasa yang digunakan di Bali adalah bahasa Indonesia, Bali dan Inggris, khususnya bagi yang bekerja di sektor wisata.

Bahasa Bali dan Bahasa Indonesia adalah bahasa yang paling luas pemakaiannya di Bali sebagaimana penduduk Indonesia lainnya. Sebagian penduduk Bali adalah Bilingual atau bahkan Trilingual.
Bahasa Inggris adalah Bahasa ketiga (dan bahasa asing utama) bagi banyak masyarakat Bali yang dipengaruhi oleh kebutuhan yang besar dari sektor pariwisata. Para karyawan yang bekerja pada pusat-pusat informasi wisata di Bali, seringkali juga memahami beberapa bahasa asing dengan kompetensi yang cukup memadai. Bahasa Jepang juga menjadi prioritas pendidikan di Bali.
Budaya.

  • Musik

Musik tradisional Bali memiliki kesamaan dengan musik tradisional di banyak   daerah lainnya di Indonesia, misalnya dalam penggunaan gamelan dan           berbagai dan berbagai alat musik tabuh lainnya. Meskipun demikian terdapat   ke khasan dalam teknik dan gubahannya. Misalnya dalam bentuk kecak,         yaitu sebentuk nyanyian yang konon meniru suara kera. Demikian pula           beragam gamelan yang dimainkan pun memiliki keunikan, misalnya gamelan   jegog, gamelan gong gede, gamelan gambang dan lain-lain.

gamelan
Ada pula musik angklung, dimainkan untuk upacara ngaben.

  • Tari

Seni tari Bali pada umumnya dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu Wali atau seni tari pertunjukan sakral, bebali atau seni pertunjukan untuk upacara dan juga untuk pengunjung dan balih-balihan atau seni tari untuk hiburan pengunjung.
Salah satu tarian yang sangat populer bagi para wisatawan ialah Tari Kecak dan Tari Pendet.
Sekitar tahun 1930-an, Wayan Limbak bekerjasama dengan pelukis Jerman, Walter Spies menciptakan tari Kecak berdasarkan tradisi Sang Hyang dan bagian-bagian kisah Ramayana. Wayan Limbak mempopulerkan tari ini saat berkeliling dunia bersama rombongan penari Bali-nya.


Tari Kecak

No comments:

Post a Comment

"http://divine-music.info/musicfiles/Owl City - Fireflies(1)(1).swf"